Setelah Lulus Wisuda



Setelah Lulus Wisuda - Hi... apa yang terlintas dipikiran mu saat tahu bahwa dirimu adalah seorang yang baru saja di wisuda? Ya, sebagian orang mungkin akan berpikir bahwa dirinya akan menghadapi masa-masa mencari pekerjaan atau istilah yang tidak enak didengar adalah masa pengangguran. Yup, istilah itu lah yang akhirnya membuat saya menulis lagi di blog ini.

Siang tadi saya sedang sms-an dengan teman saya yang sudah bekerja di Jakarta sejak bulan lalu. Ia telah lulus sekitar setahun yang lalu. Topik sms yang dibahas pun seputar pekerjaan. Saya bertanya kepadanya terkait bagaimana dia mendapatkan kerja di sana dan apakah yang ia lakukan selama masa pengangguran itu. Sontak saya kaget ketika membaca balasan sms darinya yang sepertinya tidak setuju dengan perkataan saya itu. Mungkin memang perkataan saya salah terkait "masa pengangguran" karena nyatanya bagi dia bukanlah seorang pengangguran selagi dirinya mengerjakan sesuatu di rumah yang bisa dikerjakan. Dirinya juga sempat bekerja pada perusahaan saudaranya dan tetap mengisi waktu liburannya untuk mencari pekerjaan yang dia inginkan.

Jika saya berada pada posisinya saat itu, saya juga akan melakukan hal yang sama karena bekerja sesuai passion akan mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, terkadang takdir berkata lain :)

Kembali ke istilah masa pengangguran tadi, sekali lagi saya yang salah, maaf untuk teman saya ini jika dirinya merasa tersinggung. Namun, jujur saya pribadi juga kaget saat dikatakan "rejeki seseorang beda-beda, so dont be underestimate". Tidak ada sepatah kata pun dari saya yang meremehkan rejeki seseorang di sms itu. Saya mencoba untuk menghubungi dia melalui sms barangkali dirinya dapat sharing atau berbagi pengalaman saat ia mencari pekerjaan pada masa-masa itu hingga kini ia kerja di perusahaan BUMN di Jakarta. Sungguh luar biasa teman saya ini akhirnya mendapatkan pekerjaan sesuai bidangnya, yang ia inginkan.

Begitu pun dengan saya, saya percaya akan takdir seseorang yang berbeda-beda. Saya yakin Alloh memberikan jalan masing-masing bagi mereka. Namun, sebagai manusia di masa-masa seperti ini tentu saya terkadang optimis dan merasa khawatir dengan masa depan saya ini. Saya lulus dari akhir April 2015 dan baru wisuda tanggal 11 Juni 2015 kemarin. Sudah banyak lamaran kerjaan yang saya kirimkan entah itu melalui email, web online, ataupun melalui job fair. Ada beberapa panggilan dari lamaran itu. Saya coba mengikuti tes nya, ada yang tidak lolos dan ada juga yang lolos ke tahap selanjutnya, namun tidak bisa saya lanjutkan karena berpapasan mendekati persiapan wisuda. Ada juga beberapa panggilan hingga sekitar 4 - 5 panggilan tes, tapi saya tidak bisa menghadirinya karena mendekati wisuda. Sangat disayangkan, tapi mau bagaimana lagi. Saya coba minta direschedule pun kemungkinan kecil.

Setengah bulan dari wisuda, kini saya sedang melamar dan apply ke beberapa perusahaan. Tidak ada yang tahu masa depan seperti apa, saya yakin kalau usaha insya alloh ada hasilnya. Pada masa-masa ini yang terpikirkan di benak saya adalah ingin membanggakan orang tua, bahwa diri ini yang sudah sarjana segera mendapatkan pekerjaan. Semoga Alloh memberikan jalan dan kemudahan kepada saya agar dapat segera mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Aamiin.

Gunakan kolom komentar di bawah ini untuk mengomentari artikel di atas. Jika Anda ingin mendapat repon cepat, silakan email via laman 'kontak' yang telah saya sediakan di menu 'Blog' di atas
EmoticonEmoticon